Sertifikasi/Akreditasi
S-42/A/2000S-2262/D-2/05/2000tanggal 03 Mei 2000 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Barang/Jasa Instansi Pemerintah.
Pedoman PelaksanaLandasan Hukum
  • Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri;
  • Keputusan Presiden No. 18 tahun 2000 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Instansi Pemerintah;
  • Surat Keputusan Bersama Menteri Keuangan RI dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor:
Landasan Operasional
  • Kep-Menhub No. KP-4/AU.001/Phb-89 tgl. 25 Juli 1989 tentang GAFEKSI
  • SKEP DPP GAFEKSI (INFA) No. 017/KPTS/DPP-GAFIN/XII/2000 tgl. 21 Desember 2000 tentang Pembentukan Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA)
  • Penetapan Akreditasi Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA) oleh BARKI No. 000300.010226.022.
  • Ketetapan-ketetapan BARKI maupun Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA).
Penjelasan UmumBahwa dalam rangka untuk mengimplementasikan Keputusan Presiden RI Nomor 18 Tahun 2000 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Instansi Pemerintah serta Keputusan Bersama Menteri Keuangan RI dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor S-42/A/2000 dan S-2262/D.2/05/2000 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2000, Badan Pengurus Badan Akreditasi Dan Registrasi KADIN Indonesia telah menetapkan Pedoman Dasar Akreditasi dan Sertifikasi melalui Keputusan No.001/ BARKI/IX/2000 tertgl. 22 September 2000.Sertifikasi dan Akreditasi merupakan suatu program pengganti DRM (=Daftar Rekanan Mampu) / TDR (=Tanda Daftar Rekanan) yang semula pelaksanaannya dilakukan dan dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat dalam rangka untuk mengikuti pelaksanaan pra-kualifikasi (tender-tender).Setiap Asosiasi termasuk dalam hal ini GAFEKSI (INFA) bertindak sebagai Sertifikator sedangkan Badan Akreditasi dan Registrasi KADIN Indonesia disingkat BARKI yang dibentuk oleh KADIN Indonesia bertindak sebagai Akreditor.Penomoran registrasi dilakukan oleh BARKI dan pencetakan Sertifikasi dilakukan oleh BARKI dan/atau GAFEKSI (INFA) dengan masa berlaku untuk selama 2 tahun.Sertifikasi adalah proses penilaian untuk mendapatkan pengakuan terhadap klasifikasi dan kualifikasi atas kompetensi dan kemampuan usaha di bidang pengadaan barang dan jasa pemborongan/konsultasi non konstruksi yang berbentuk usaha orang perseorangan atau badan usaha; sesuai dengan Kemampuan Keuangan (KK), Kemampuan Paket (KP) dan Kemampuan Dasar (KD) pada masing-masing Bidang dan Sub-Bidang.Sertifikat merupakan tanda bukti registrasi, klasifikasi dan kualifikasi bagi Penyedia Barang/Jasa bidang jasa pengadaan barang, jasa pemborongan/konsultasi non konstruksi sesuai dengan bidang/su-bidang dan kemampuannya yang diterbitkan oleh Asosiasi Perusahaan yang telah diakreditasi oleh BARKI.Kegunaan Sertifikat merupakan persyaratan yang harus dimiliki oleh Badan Usaha atau Pengusaha Penyedia Jasa dibidang pengadaan barang, jasa pemborongan/konsultasi non konstruksi untuk mengikuti kegiatan pelaksanaan prakualifikasi/pelelangan pengadaan barang, jasa pemborongan/konsultasi non konstruksi bagi pengguna jasa baik pada instansi pemerintah maupun BUMN/BUMD, serta swasta lainnya.BARKI telah menetapkan pemberian Akreditasi kepada Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA) yang telah dibentuk oleh DPP GAFEKSI (INFA) melalui Keputusan No. 017/KPTS/DPP-GAFIN/XII/2000 tertgl. 21 Desember 2000, untuk menyelenggarakan pensertifikasian secara nasional bagi perusahaan-perusahaan anggota GAFEKSI (INFA) dengan Nomor Akreditasi 000300.010226.022 yang berlaku mulaiBukti keanggotaan pada KADINDA setempat merupakan persyaratan mutlak bagi perusahaan penerima sertifikat yang diterbitkan oleh GAFEKSI (INFA).Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA) berwenang untuk melakukan pelaksanaan Sertifikasi terhadap perusahaan-perusahaan anggota secara nasional dalam Bidang/ Sub-bidang sebagai berikut :KODE BIDANG / SUB-BIDANG5.06.04 Angkutan Multi Moda.5.06.09 Jasa Pengepakan, Ekspedisi dan Pengurusan Kepabeanan5.06.10 Jasa Bongkar Muat Barang
Pengertian
  • KADIN (Kamar Dagang dan Industri) adalah satu wadah bagi Pengusaha Indonesia dan merupakan induk organisasi dari Organisasi Perusahaan dan Organisasi Pengusaha yang bergerak dalam bidang perekonomian.
  • GAFEKSI - Gabungan Forwarder dan Ekspedisi atau Indonesian Forwarders Association disingkat INFA, merupakan satu-satunya organisasi wadah usaha Jasa Pengurusan Transportasi (Forwarding) dan Ekspedisi di Indonesia.
  • PERUSAHAAN adalah: Setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus, didirikan, bekerja dan berkedudukan di dalam wilayah Negara Republik Indonesia serta bertujuan memperoleh keuntungan atau manfaat dan atau laba.
  • ORGANISASI PERUSAHAAN dengan sebutan Asosiasi, Gabungan, atau nama apapun yang serupa, adalah wadah persatuan dan kesatuan dari perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Koperasi maupun Swasta, atau wadah komunikasi dan konsultasi antara perusahaan Indonesia dan perusahaan asing dari sesuatu negara, yang didirikan secara sah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dasar kesamaan jenis usaha, mata dagangan atau jasa yang dihasilkan atau yang diperdagangkan, bersifat nasional ataupun daerah, yang dalam kegiatannya bersifat nirlaba, dan memiliki Anggaran Dasar daN Anggaran Rumah Tangga yang sejalan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri.
  • SERTIFIKASI adalah: Proses penilaian untuk mendapatkan pengakuan terhadap klasifikasi dan kualifikasi atas kompetensi dan kemampuan usaha di bidang pengadaan barang dan jasa pemborongan/konsultasi non konstruksi yang berbentuk usaha orang perseorangan atau badan usaha; sesuai dengan Kemampuan Keuangan (KK), Kemampuan Paket (KP) dan Kemampuan Dasar (KD) pada masing-masing Bidang dan Sub Bidang.
  • KLASIFIKASI adalah: Penentuan/Kompensasi Usaha Penyedia Barang/Jasa menurut Bidang, Sub Bidang dan khusus untuk jasa Konsultasi termasuk lingkup layanan.
  • KUALIFIKASI adalah: Penggolongan Penyedia Barang/Jasa (Kecil, Menengah, Besar) dan penilaian menurut tingkat Kemampuan Keuangan (KK), Kemampuan Paket (KP), dan Kemampuan Dasar (KD) pada masing-masing Bidang, Sub Bidang dan untuk jasa konsultasi termasuk lingkup layanan.
  • REGISTRASI adalah: Proses pencatatan hasil sertifikasi yang dilakukan oleh Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA) untuk Bidang dan Sub-Bidang: Angkutan Multi Moda - Jasa Pengepakan, ekspedisi dan pengurusan kepabeanan - Jasa bongkar muat barang diteruskan kepada BARKI dan kemudian setiap badan usaha diberikan nomor registrasi sesuai Bidang dan Sub Bidang sesuai lingkup layanan yang didaftarkan.
  • DAFTAR REGISTRASI PERUSAHAAN (DRP) adalah: Daftar registrasi sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA) dan telah diregister oleh BARKI.
  • SERTIFIKAT adalah: Tanda bukti Registrasi, Klasifikasi dan Kualifikasi bagi Penyedia Jasa sesuai Bidang/Sub Bidang dan kemampuannya yang diterbitkan oleh Badan GAFEKSI (INFA) dan yang telah diakreditasi oleh BARKI.
Badan Sertifikasi GAFEKSI (INFA) Pedoman Pengisian Formulir Permohonan Sertifikasi Bidang Pengadaan Barang dan JasaPetunjuk Umum1. Calon penyedia jasa yang mengikuti Sertifikasi diwajibkan mengisi dan menyerahkan berkas permohonan kepada Badan Sertifikasi. Berkas permohonan Sertifikasi terdiri dari Formulir Permohonan dan Kelengkapan Berkas.
  • Formulir permohonan terdiri dari:
1. Surat Permohonan menjadi penyedia jasa 2. Ringkasan data perusahaan. 3. Daftar isian yang memuat data perusahaan.
  • Kelengkapan berkas terdiri dari:
1. Bukti pengambilan formulir permohonan sertifikasi. 2. Copy Akte Pendirian Perusahaan/Akte Perubahan dan Penegasan Menteri Kehakiman/Surat Keterangan Notaris. 3. Copy KTP Pimpinan dan Pengurusan Perusahaan. 4. Copy Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP. 5. Copy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)/Daftar Usaha Perdagangan (TDUP) untuk bidang pengadaan Barang/Jasa. 6. Copy Keanggotaan KADIN Propinsi dan GAFEKSI (INFA). 7. Copy surat izin operasional/Izin teknis dari departemen/Instansi yang bersangkutan. 8. Copy Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 9. Copy Referensi Bank dengan menunjuk aslinya. 10. Copy SPT-PPh Badan/Perusahaan terakhir. 11. Copy Bukti pengalaman kerja perusahaan 5 (lima) tahun terakhir.
  • Formulir diisi dengan lengkap, jelas dan tidak memakai singkatan, menggunakan mesin tik/tulisan tangan dengan huruf cetak dan tinta hitam.
2. Surat permohonan ditandatangani oleh pimpinan perusahaan di atas materai Rp. 6.000 (enam ribu rupiah), bertanggal dan stempel perusahaan.3. Pengisian data perusahaan pada formulir permohonan harus sesuai dengan data yang ada dalam lampirannya.4. Data yang tidak tertampung dalam halaman yang tersedia dapat ditulis pada kertas lain dengan format yang sama atau copy formulir.5. Isian pada kulit map:
6. Di dalam memiliki sub bidang pekerjaan diberikan kesempatan memilih bidang pekerjaan pengadaan barang/jasa. Sub Bidang yang dimohon agar disesuaikan dengan jenis barang/jasa utama yang tercantum dalam SIUP/TDUP. BS GAFEKSI (INFA) berwenang melakukan sertifikasi terhadap perusahaan-perusahaan anggota GAFEKSI (INFA) dalam bidang/sub bidang sesuai dengan Akreditasi BARKI kepada GAFEKSI (INFA) No Akreditasi 000300.010226.022 mencakup:
1. Nama Perusahaan 2. Nama Perusahaan Diisi nama perusahaan yang ada dalam akte pendirian perusahaan 3. Nama Pimpinan Diisi sesuai nama pimpinan perusahaan yang tercantum dalam akte pendirian perusahaan. 4. Alamat Perusahaan Diisi alamat perusahaan yang lengkap 5. (Wilayah Kotamadya) Diisi wilayah kotamadya tempat perusahaan berdomisili sesuai dengan keterangan domisili perusahaan. 6. Telpon/Fax/e-mail Diisi nomor telpon dan faximili dan e-mail yang dimiliki dan mudah dihubungi. 7. Kode Pos Diisi Kode Pos Perusahaan.
* Kode Bidang/Sub Bidang 5.06.04 * Angkutan Multimoda 5.06.09 * Jasa Pengepakan, ekspedisi dan pengurusan kepabeanan 5.06.10 * Jasa Bongkar Muat
7. Didalam kualifikasi didasarkan kepada nilai kekayaan bersih perusahaan yang tercantum dalam neraca sesuai dengan golongan SIUP/TDUP izin teknis yang dimiliki dengan ketentuan sebagai berikut:
  • SIUP / TDUP: Untuk Bidang Pengadaan Barang/Jasa Golongan Besar.
  • Apabila kekayaan bersih bernilai diatas Rp. 1 milyar, dengan SIUP Perusahaan Besar atau TDUP yang diterbitkan oleh Kanwil Departemen Perindustrian dan Perdagangan Golongan Menegah.
  • Apabila kekayaan bersih bernilai diatas Rp. 500 s/d 1 milyar dengan SIUPPerusahaan Menengah atau TDUP yang diterbitkan oleh Kanwil Departemen Perindustrian dan perdagangan Kotamadya.
  • Golongan Kecil Apabila kekayaan bersih bernilai diatas Rp.0 s/d 200 juta, dengan SIUP Perusahaan Kecil atau TDUP yang diterbitkan oleh Kanwil Departemen Perindustrian dan perdagangan Kotamadya.
  • Bagi perusahaan yang memiliki Izin PMA/PMDN hanya diberikan sertifikat Golongan Besar.
8. Apabila pengisian formulir permohonan tidak mengikuti petunjuk tersebut diatas maka permohonan tidak diperhatikan/tidak diproses lebih lanjut.9. Pengisian daftar isian beserta lampiran-lampirannya yang merupakan dokumen permohonan sertifikasi perusahaan harus sepengetahuan dan dipertanggungjawabkan oleh Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan, oleh sebab itu pimpinan perusahaan harus mengisi surat pernyataan. Pimpinan perusahaan bertanggung jawab atas data yang diberikan kepada Badan Sertifikasi Asosiasi baik dihadapan Pengadilan maupun diluar pengadilan.
Receive Information on the latest event and happening hereType Your email adress
UsernamePassword
MUSIC Coming Soon on HTML
Powered by IKT